Tari Kuda Lumping

Atau jaranan adalah salah satu tarian yang khas di Pulau Jawa khususnya Jawa Tengah, Bahkan tari Jaran pernah diklaim merupakan tari tertua yang pernah ada di Jawa.

Rawa Pening

danau alam di Kabupaten Semarang,Jawa Tengah.Dengan luas 2.670 hektare ia menempati wilayah Kecamatan Ambarawa, Bawen, Tuntang, dan Banyubiru

Candi Gedung Songgo

Deskripsi gambar slide bisa dituliskan disini dengan beberapa kalimat yang menggambarkan gambar slide yang anda pasang, edit slide ini melalui edit HTML template.

Basket

adalah olahraga bola berkelompok yang terdiri atas dua tim beranggotakan masing-masing lima orang yang saling bertanding mencetak poin dengan memasukkan bola ke dalam keranjang lawan

Minggu, 17 Februari 2013

Penerimaan Peserta Didik Baru 2013/2014

Membangun suatu institusi pendidikan berarti mengambil peran dan tanggung jawab yang besar terhadap proses pembentukan kepribadian anak. Berbagai maetode pembelajaran terus dikembangkan dalam rangka melakukan pendekatan teori dan aplikasi yang akhirnya bisa menjadi karakter atau pembiasaan peserta didik. Namun, satu hal yang tidak bisa kita kesampingkan bahwa sesungguhnya bagaimana kita bisa mengembalikan tentang landasan penadidikan islami. Dimana pendidikan memikul amanah yang sangat berat, yakni memberdayakan potensi fitrah manusia yang condong kepada nilai-nilai kebenaran dan kebajikan agar ia dapat memfungsikan dirinya sebagai hamba, yang siap menjalankan risalah yang dibebankan kepadanya yakni “Khilafah fil Ardli”.

Maka dari itu, SDIT Cahaya Ummat sebagai sekolah yang terus berupaya untuk menjadi sekolah yang bisa mengemban sebuah pendidikan sebagian dari sebuah proses membina seluruh potensi anak didik dan lingkungannya. Kurikulum yang diterapkannya pun memiliki karakteristik sesuai dengan fitrah manusia. Bagaimana aplikasi, kegiatan, contoh atau teks kurikulumnya memperhatikan tujuan-tujuan yang realistis. Menyangkut penghidupan dan bertitik tolak dari keislaman yang ideal, seperti kalimat “SAYA BANGGA MENJADI MUSLIM”.

Memasuki Tahun Pelajaran 2013/2014, SDIT Cahaya Ummat kembali membuka Penerimaan Peserta Didik Baru angkatan ke-X sebagai salah satu langkah konkret untuk ikut memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa.


WAKTU DAN TEMPAT PENDAFTARAN

  • Waktu pendaftaran : Bulan Maret - Juni 2013
  • Tempat : SDIT Cahaya Ummat. Telp. ( 024 ) 70787341

PERSYARATAN PENDAFTARAN

  1. Membayar formulir pendaftaran.
  2. Menyerahkan Foto copy Akte kelahiran dan foto 3X4 sebanyak 2 lembar.
  3. Mengikuti tes penjajagan.
  4. Mengikuti tes wawancara bagi calon wali murid.

MEKANISME PENDAFTARAN

  • Calon siswa bersama orang tua datang ke sekolah
  • Mengambil formulir pendaftaran dengan biaya Rp. 40.000,-
  • Calon siswa melakukan tes penjajagan
  • Hasil tes disampaikan
  • Pelaksanaan daftar ulang
( 50% dari total biaya, bisa langsung hari H atau seminggu setelah mendaftar )

  • Penyerahan fasilitas bagi siswa baru
( 4stel seragam lengkap, tas dan lain-lain )







































Selayang Pandang Tentang SDIT Cahaya Ummat

A. MUQODIMAH

Dunia pendidikan berkembang pesat sejalan dengan gencarnya riset dan pengembangan model pengelolaan managemen sekolah dan pendekatan pembelajaran. Untuk itu dibutuhkan sebuah sekolah yang mampu menciptakan model dan unggul pada beberapa aspek. Sehingga dapat mewujudkan pendidikan yang berkualitas.

SDIT Cahaya Ummat memberikan solusi sebagai sekolah dasar pilihan, yang bisa dijadikan model bagaimana menerapkan proses pembelajaran yang akan menghasilkan sebuah pembiasaan pada anak. Karena dengan pembiasaan itulah anak akan melakukan sesuatu berulang-ulang dalam masa yang lama dan dalam waktu yang berdekatan. Kurikulum yang diterapkan berupaya semaksimal mungkin mengimplementasikan konsep pendidikan Islam berdasarkan Al-Qur’an dan As-Sunnah.


B. TARGET CAPAIAN

Dari hasil pembelajaran diharapkan peserta didik mampu :
  1. Memiliki akhlaq, sikap dan kepribadian yang sejalan dengan tuntunan Islam.
  2. Memilki pengetahuan dan pemahaman serta keterampilan dasar sebagai bekal untuk menempuh jenjang pendidikan selanjutnya.
  3. Membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan tajwid dan kaidah baca Al-Qur’an.
  4. Menghafal minimal 2 juz Al-Qur’an.
  5. Menghafal minimal 20 hadist pilihan dan mampu mengamalkannya sesuai dengan tingkat usianya.
  6. Mengerti dan memahami nilai-nilai Islam dan mampu mengamalkannya sesuai tingkat usianya.
  7. Menuntaskan standart dasar dari muatan kurikulum yang berlaku.
C. KURIKULUM PENGAJARAN

Kurikulum Pengajaran yang diterapkan adalah perpaduan antara Kurikulu Islam Terpadu yang mengacu pada Standart Mutu SIT Indonesia dengan Kurikulum Pendidikan Nasional.
  • Kurikulum Pendidikan Nasional meliputi semua Mata Pelajaran.
  • Kurikulum Pendidikan Islam Terpadu meliputi:
  1. PAI ( Aqidah, Akhlaq, Fiqih )
  2. Bahasa Arab
  3. BTAH ( Baca Tulis Al-Qur’an dan Hadist )
  4. SKI ( Sejarah Kebudayaan Islam )
  5. Tahsinul Qur’an ( Pembelajaran Membaca Al-Qur’an )
  6. Tahfidzul Qur’an ( Pembelajaran Menghafal Al-Qur’an )
  7. Pembiasaan ( adab makan-minum, sholat Dhuha, sholat Dhuhur berjamaah )
  • Program Kegiatan Unggulan:
  1. Ekstrakulikuler ( Bulu Tangkis, Futsal, Tifan , tartil, Hasta karya, Dokter kecil )
  2. Pramuka SIT
  3. MABIT (Malam Bina Iman dan Taqwa)
  4. Jambore SIT (Regional, Wilayah, dan Nasional)
  5. Renang
  6. Out Bond
  7. Market Day
  8. PLS (Pembelajaran Luar Sekolah) / Study Tour

  • Jam Belajar
Senin - Kamis          :  Kelas I & II        : 07.00 - 13.00 WIB
                                  Kelas III & VI    : 07.00 - 14.10 WIB
Jum’at                     :  Kelas I & II         : 07.00 - 13.35 WIB
                                  Kelas III & VI    : 07.00 - 14.45 WIB
Sabtu                      :  Kelas I - V          :  Pembelajaran dirumah/libur
                                  Kelas VI             : Pendampingan Belajar

D. FASILITAS

  1. Lingkungan Sekolah yang asri, tenang dan nyaman serta menyatu dengan alam sehingga memunculkan suasana kondusif dalam KBM.
  2. Gedung Sekolah milik sendiri yang sangat representative untuk pembelajaran
  3. Ruang belajar yang nyaman dan kondusif.
  4. Masjid yang luas, sejuk dan kondusif untuk praktek ibadah.
  5. Perpustakaan dengan koleksi buku yang lengkap sebagai bahan penunjang pembelajaran.
  6. Alat peraga sebagai media pembelajaran yang relevan.
  7. Antar jemput sekolah.
  8. Katering sekolah ( Snack dan makan siang ) dengan menu makanan sehat dan halal.
  9. Tenaga kependidikan yang “High time on task” selalu berorietasi kepada penyelesaian tugas, terampil dala mengelola waktu secara efektif.
  10. Adanya iklim dimana seluruh staf guru mengharapkan dengan sangat “High espection” akan tuntasnya pencapaian basic skill oleh para peserta didik.


E. PRESTASI
Alhamdulillah, siswa-siswi SDIT Cahaya Ummat banyak mengukir prestasi. Mulai tahun berdirinya yaitu tahun 2004 sampai sekaran. Banyak event lomba berhasil dijuarai, diantaranya: