Minggu, 26 Maret 2017

PARENTING 2016/2017

PARENTING
DENGAN TAJUK TABLIGH AKBAR
SDIT DAN SMPIT CAHAYA UMMAT
2016/2017


Bergas, 27 Maret 2017
            Acara parenting bertajuk Tabligh Akbar yang diselenggarakan oleh SDIT & SMPIT Cahaya Ummat pada hari Sabtu, 25 Maret 2017 mengambil tema "Hidup Berkah dengan Sedekah". Adapun lokasi dipusatkan di Komplek Islamic Center Cahaya Ummat Jl. Kilinjaro, Karangjati - Bergas.

Rangkaian acara dimulai dari jam 07.30 - 11.00 WIB sesuai dengan schedule acara yang sudah direncanakan oleh panitia,dalam hal ini kolaborasi Komite dengan Pihak Sekolah. Agenda pertama pembukaan,tasmi QS. Al qolam ,dengan perwakilan 10 siswa kelas 5 SDIT. Dilanjutkan dengan sambutan dari Yayasan Sosial Dakwah Nur Hidayah,dalam hal ini diwakili Ustadz Ahmad Baihaqi, S.PT .Beliau menyampaikan acara ini bagian dari follow up Program Infaq Subuh,yang menjadi program terobosan baru dari Yayasan untuk wali murid PAUDIT s.d. SMPIT Cahaya Ummat. Program ini semoga bisa mengcover beberapa persoalan yang selama ini menjadi PR besar Yayasan Sosial Dakwah Nur Hidayah. Misal,program santunan bagi wali murid yang punya kendala dalam pembayaran SPP karena kondisi perekonomian, pengembangan dalam meningkatkan pelayanan infrastruktur. Contoh perbaikan fasilitas sekolah, ada pun fungsi-fungsi lainnya membantu dan berkontribusi untuk lingkungan sekitar  sekolah. InsyaAllah pihak Yayasan Sosial Dakwah Nur Hidayah akan melaporkan secara transparan dan berkala kepada wali murid terkait penyaluran infaq subuh.
Sebelum beliau menutup sambutan,disampaikan progress PPDB 2017/2018.
PAUDIT         : 7 kuota 15
TKIT               : 51 Kuota 80
SDIT               : 94 kuota 102
SMPIT            : 2 kuota 60
Mohon do`a restu dari semuanya, semoga Kuota akan terpenuhi sebelum tahun ajaran baru 2017/2018 dimulai.
Acara berikutnya sambutan dari ketua pelaksana, bapak Endar Wiharjo, S.Pd yang merupakan Ketua Komite SDIT Cahaya Ummat. Dalam sambutannya,beliau mengingatkan bahwa islam itu harus punya izzah. Islam itu harus tegak diatas dien yang lain.hal itu akan terwujud manakala ummat Islam sendiri punya semangat,bersatu padu dalam membangun perekonomian ummat. Semoga acara ini bisa memberikan motivasi, inspirasi bagi audien bahwa dengan bersedekah tidak menjadikan diri kita miskin.justru menjadikan hidup makin berkah .akhir dari sambutannya, beliau menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang mendukung dan membantu terlaksananya agenda parenting dari awal hingga akhir acara.
Acara berikutnya adalah tampilan:
1.      Nasyid sdit dengan lagu " Kau Bagaikan Cahaya"
Dibawakan oleh 6 siswa sebagai perwakilan yang selama ini bergabung  dalam ekstrakurikuler Nasyid dengan pengampu Ibu Siti Badriyah Arum.
2.      Puisi oleh an.indra kls 9.
Tema "Perjuangan dan Pengorbanan Orang Tua dalam Membimbing dan Mendidik Putra-Putrinya"
Puisi yang membuat para undangan hanyut dalam mendengarkan syahdunya untaian bait demi bait syair yang dibacakan,hingga banyak wali murid yang meneteskan air mata.
3.      Nasyid SMPIT Cahaya Ummat dengan judul " Butir-butir Cinta", disajikan dengn apik kompak dan rancak.

Tiba pada acara inti, Taujih oleh Bapak Ahmad Sulthoni, S.Pd, M.Pd. Beliau mengawali dengan memberikan contoh,paparan yang dikemas dalam kisah atau cerita tentang dahsyatnya makna "the power of giving". Dalam taujihnya kita diingatkan bahwa ayat-ayat Al-Quran mulai dr Al Baqarah - An Naas adalah tadzkiroh,pembelajaran bagi ummat manusia. Disampaikan pula bahwa jangan tertipu oleh "cashing" atau tampilan luarnya, seperti bagaimana kita melihat buah kedondong dan durian. Isi kepribadian seseorang belum tentu seperti apa yang terlihat atau yang nampak di mata. Beliau mengingatkan  QS. Al Ikhlas tidak muncul kata "ikhlas" dalam terjemahannya.karena apa? “ikhlas itu tersembunyi tidak nampak dan tidak terlihat”. Dikaitkan dengan temanya, bahwa sedekah itu jangan menggunakan kalkulatornya manusia karena akan pasti beda hasilnya dengan kalkulatornya Allah swt.  Merubah mindset atau paradigma pemikiran masyarakat pada umumnya tentang makna ikhlas . Ikhlas itu bukan dimaknai sedikit yang penting ikhlas,atau seikhlasnya. Namun ikhlas itu berkelas. Terakhir beliau mengingatkan, Allah akan memberikan rasa sakinah,mawaddah,warohmah kepada hambaNya yang  membangun kedekatan juga kepadaNya. Selesai taujih,ditutup dengan session tanya jawab, doa dan pembagian doorprice.
Tetakhir acara,ditutup tampilan Nasyid dari siswa SDIT dengan judul "Palestina". Demikian acara parenting bertajuk Tabligh Akbar yang diselenggarakan oleh SDIT & SMPIT Cahaya Ummat. Semoga dapat memberikan manfaat bagi semua pihak yang terlibat. 

















0 komentar:

Posting Komentar