Sabtu, 12 Desember 2015

Pelajaran Luar Sekolah 2015/2016

Pelajaran Luar Sekolah

Kemajuan suatu bangsa hanya dapat dicapai melalui penataan pendidikan yang baik. Upaya peningkatan mutu pendidikan diharapkan dapat menaikkan harkat dan martabat manusia Indonesia.
Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 menyebutkan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang berman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Pendidikan luar sekolah sebenarnya bukanlah barang baru dalam khasanah budaya dan peradaban manusia. Pendidikan luar sekolah telah hidup dan menyatu di dalam kehidupan setiap masyarakat jauh sebelum muncul dan memasyarakatnya sistem persekolahan. Pendidikan Luar Sekolah  mempunyai bentuk dan pelaksanaan yang berbeda dengan sistem yang sudah ada di pendidikan persekolahan. Pendidikan Luar Sekolah timbul dari konsep pendidikan seumur hidup dimana kebutuhan akan pendidikan tidak hanya pada pendidikan persekolahan/pendidikan formal saja. Pendidikan Luar Sekolah  pelaksanaannya lebih ditekankan kepada pemberian keahlian dan keterampilan dalam suatu bidang tertentu.
Sesuai dengan agenda kesiswaan, Program Pelajaran Luar Sekolah (PLS) tahun pelajaran 2015/2016 pada semester 1 dilaksanakan pada hari Selasa, 20 Oktober 2015 dan Kamis, 22 Oktober 2015. Kegiatan ini dilaksanakan di SMKN 1 Bawen dan Kolam Renang Muncul.
Kegiatan PLS yang dilaksanakan dapat memberikan manfaat yang positif untuk siswa, diantaranya:
  1. menghilangkan kejenuhan dari proses pembelajaran yang setiap hari dilakukan
  2. mengajan siswa berinteraksi dan bersosialisasi dengan lingkungan dan alam
  3. membekali siswa dengan pengetahuan dan keterampilan melalui praktik langsung
  4. mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi
  5. membekali siswa cara mempertahankan hidup dan pengembangan kehidupan

Semoga kegiatan PLS yang dilaksanakan senantiasa memberikan dampak yang positif.

0 komentar:

Posting Komentar